Bulan Baik


Dear Dadan Erlangga,

Apa kabar? Semoga kamu baik-baik saja.

Kudengar, ada beberapa kabar baik tentangmu di bulan Januari ini. Salah satunya adalah kabar tentang lolosnya kamu dalam sebuah kompetisi menulis yang diadakan oleh sebuah penerbit ternama. Selamat, ya. Semoga itu menjadi awal dari keberhasilan-keberhasilan kamu selanjutnya.

Aku tahu sekeras apa kamu berusaha. Kuharap kamu percaya bahwa kamu memang layak mendapatkannya, dan kamu sanggup melakukan yang terbaik.

Seseorang pernah berkata bahwa apa yang kita lakukan di awal tahun adalah gambaran dari apa yang akan kita lakukan di sepanjang tahun yang sedang berjalan. Entahlah, aku tidak sepenuhnya percaya. Tidak juga mengabaikannya. Aku hanya melihat sisi baiknya. Untuk itu, di bulan Januari ini, aku berusaha melakukan hal-hal baik dan menghindari hal-hal tak baik.

Bagaimana denganmu?

Oh, ya, kurasa kamu pun melakukan hal yang sama. Kalau aku boleh menebak, sepertinya kamu sedang mempersiapkan dan merealisasikan proyek-proyek menulis. Benar begitu?

Kuharap begitu. Karena menulis adalah bagian dari hal-hal yang baik untuk dilakukan. Menulis membuatmu mencari dan menemukan. Menulis membuatmu membaca dan memahami. Menulis membuatmu berpikir dengan otak dan hati. Menulis membuatmu menjadi siapa saja dan mampu melakukan apa saja yang kamu inginkan. Dan menulis membuatmu menjadi seseorang yang lebih baik dalam banyak hal.

Bulan Januari akan segera berakhir. Kuharap kamu akan tetap melakukan hal-hal baik, apa pun itu. Untuk siapa pun itu. Terutama untuk dirimu sendiri. Kamu harus tahu apa yang baik dan tak baik untuk dirimu. Dengan begitu, kamu akan tahu hal baik apa yang bisa kamu berikan dan lakukan untuk orang lain.

Dan semoga ini tidak sekadar menjadi bulan baik, melainkan juga akan menjadi tahun yang baik untukmu.

Salam,
Yang Paling Memahamimu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s