Surat untuk Pacarmu


Semoga kamu sedang dalam kondisi baik-baik saja saat membaca surat yang sebenarnya kutujukan untuk pacarmu ini.

Aku sengaja mengirimkannya melalui kamu. Bukan lantaran aku tak berani berhadapan langsung dengannya. Kurasa, pacarmu yang keras kepala itu bakal lebih bisa menerima pesan dariku setelah keluar melalui mulutmu. Sebab, aku tahu caramu menyampaikan sesuatu selalu lebih baik daripada siapa pun, dan level kesabaranmu lebih tinggi dari manusia mana pun.

Tolong katakan kepada pacarmu untuk tidak selalu mencemburuimu, dan supaya dia memberimu kebebasan bergaul dan berteman dengan siapa saja tanpa menaruh curiga. Ingatkan dia bahwa cemburu buta cukup dimiliki anak-anak SMA atau yang baru berstatus Mahasiswa. Dan jika memang dia sudah terlanjur cemburu dan sulit mengingkarinya, setidaknya ungkapkanlah kecemburuannya itu dalam bahasa lugas yang bisa dipahami manusia biasa yang tak perlu memiliki kemampuan setara seorang pembaca pikiran.

Tolong beri tahu pacarmu bahwa cinta yang tahan lama itu biasanya tumbuh secara perlahan, bukan cinta yang tiba-tiba turun sederas hujan beberapa jam. Mungkin itu akan membantumu menjelaskan banyak hal. Salah satunya, ketika pacarmu mendadak marah-marah setelah mengetahui kamu punya teman baru dan lalu dia cemburu. Ingatkan dia juga tentang bagaimana cara kalian (kamu dan pacarmu) bertemu, berkenalan, berteman, penjajakan, hingga menjalin sebuah hubungan, dan berapa lama waktu yang kalian lalui dan habiskan sejak detik pertama sampai sekarang.

Dan tolong yakinkan pacarmu bahwa kamu sudah menutup semua pintu masa lalumu.

Lalu, tolong tegur pacarmu untuk tidak terlalu egois. Ah, kamu pun harusnya tidak selalu menuruti keinginan dia dan bersikap baik-baik saja terhadap keegoisannya. Selama ini kamu sudah cukup bersabar dan berkorban untuknya. Janganlah menganggap semua itu sebagai kewajibanmu sendiri sebagai seorang pacar. Kalian berdua punya hak dan kewajiban yang sama untuk memberi dan menerima, juga untuk sama-sama bahagia. Jadi, sekali lagi, tolong tegur dia, demi kebaikan kalian berdua.

Oh, ya, ini yang terpenting. Tolong bilang sama pacarmu untuk tidak terlalu sering menonton drama Korea, apalagi sampai harus begadang segala. Dan peringatkan dia untuk tidak tertipu dan terpengaruh oleh kisah cinta manis menye-menye yang cuma terjadi di dunia paralel sana dan mustahil terjadi di dunia nyata sini.

Dan yang terakhir, bilang sama pacarmu, jangan menulis surat untuk dirinya sendiri dengan cara seperti ini.

Yang sangat mengenal pacarmu luar dalam,

D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s