Surat untuk Senin


Kepada Senin,

Hai, ketemu lagi. Aku ingin memberi tahu kamu (meskipun aku tahu kamu sudah tahu ini sejak dulu) bahwa ada banyak orang di dunia ini yang tidak menyukaimu.

Mungkin kamu selalu bertanya-tanya salahmu apa atau di mana. Sudahlah, tak perlu kamu pikirkan. Masalahnya bukan ada pada dirimu, melainkan dalam diri orang-orang itu. Mereka tidak menyukaimu sebab mereka tidak menyukai diri mereka sendiri yang tak bisa menerima kenyataan bahwa mereka harus kembali bekerja. Satu-satunya hal yang bisa kamu jadikan kambing hitam hanyalah kenyataan bahwa kamu datang setelah Minggu.

Hidup ini memang selalu soal perbandingan kalau bukan pertandingan. Berdiri di sebelah seseorang yang disukai banyak orang akan menjadikanmu seseorang yang tidak kelihatan. Dan, datang untuk menggantikan seseorang yang disukai banyak orang itu akan membuatmu jadi seseorang yang tidak disukai. Jadi, kurasa, kamu hanya perlu menjadi dirimu sendiri, tak perlu peduli seberapa banyak orang yang menyukai dan tidak menyukaimu.

Aku tidak sepenuhnya yakin, tetapi kuharap kamu cukup yakin bahwa hidup ini terkadang bersikap adil dengan caranya sendiri. Bahwa tidak ada sesuatu atau seseorang yang mutlak selalu disukai dan selalu tidak disukai. Dan bahwa mungkin saja masih ada orang yang menyukaimu, seperti mereka yang libur di hari Senin, atau mereka yang punya rencana penting pada hari itu, atau mereka yang punya kenangan manis tentang hari Senin.

Aku sendiri bukan termasuk orang yang tidak menyukaimu, bukan juga orang yang menyukaimu. Hanya saja, terkadang aku merasa bahwa aku adalah orang yang sama seperti kamu.

D

Iklan

2 thoughts on “Surat untuk Senin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s