Berpura-Pura Bahagia


Mana yang akan kau pilih: berpura-pura bahagia atau berpura-pura sedih?

Aku sendiri lebih suka berpura-pura bahagia. Dengan begitu, aku bisa sedikit melupakan rasa sedih. Meskipun aku tahu, kesedihan adalah kenangan paling kuat yang melekat pada ingatan. Tapi setidaknya aku sudah berusaha untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Berpura-pura bahagia juga membuatku terhindar dari belas kasihan orang-orang. Karena belas kasihan adalah bentuk perhatian di level paling buruk meski dimaksudkan untuk kebaikan. Dan karena yang kuinginkan bukanlah dikasihani, melainkan dikasihi.

Berpura-pura bahagia tidak selalu kulakukan di saat aku sedang sedih saja. Salah satunya, kulakukan ketika aku ingin membuatmu bahagia atas apa yang kamu lakukan untukku namun sebenarnya perasaanku biasa-biasa saja. Seperti ketika tiba-tiba kamu membelikanku minuman padahal aku tidak sedang kehausan, atau tiba-tiba kamu datang di saat yang tidak kurindukan.

Rasa-rasanya, aku sudah cukup terbiasa dengan berpura-pura bahagia. Bahkan, sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk pergi dengan ucapan selamat tinggal kepadamu tanpa frasa “sampai bertemu lagi”, berpura-pura bahagia tetap kupilih.

Dulu, berpura-pura bahagia kulakukan hanya supaya aku bisa melihat kamu bahagia. Namun kini tak sama lagi. Berpura-pura bahagia kulakukan dengan harapan supaya kamu merasa sedih, atau setidaknya berpikir bahwa tanpa keberadaan kamu di sisiku pun aku tetap bisa berbahagia, lalu kamu menyadari bahwa kamu tak cukup berarti apa-apa.

Dan ketika aku harus berpura-pura bahagia saat melihat kebahagiaan kamu dengan dia, aku berharap kamu pun sedang berpura-pura bahagia dengan hubungan kalian berdua.[]

Tinggalkan Balasan

