Bersama


Teruntuk Sahabat-Sahabatku tersayang,

Hai, apa kabar? Aku kangen pada kalian. Rasanya sudah lama kita tidak berjumpa kalau saja aku tidak langsung ingat saat terakhir kita bertemu dan berbincang-bincang adalah kemarin malam.

Entah harus bagaimana menjelaskannya, bersama kalian, waktu terasa begitu lambat sekaligus cepat. Mungkin “waktu” bukan ukuran yang tepat untuk mengukur kebersamaan dan ketidakbersamaan kita. Dan mungkin sebenarnya tak ada satuan apa pun yang lebih tepat dijadikan ukuran.

Kecuali, kata “Kita” itu sendiri.

Ya, ini memang selalu bukan tentang berapa lama waktu yang kita habiskan untuk bersama-sama atau saling sendiri-sendiri dengan kesibukan yang berbeda-beda. Bukan juga tentang dengan siapa kita menghabiskan waktu saat kita sedang tidak bersama-sama, atau tentang siapa yang harus kita korbankan saat kita harus bersama-sama.

Ini selalu tentang kita bersama.

Tentang kita yang berbeda-beda dan saling melengkapi satu sama lain. Tentang kita yang tak suka drama, kecuali mungkin aku sendiri yang suka, tapi kalian tak pernah mempermasalahkannya dan aku pun tidak sama sekali. Tentang kita yang suka jalan-jalan, kecuali mungkin aku sendiri yang tidak suka, tapi kalian tak pernah mempermasalahkannya dan aku pun tidak sama sekali. Tentang kita yang suka foto-foto, makan-makan, dan nyanyi-nyanyi. Tentang kita yang… ya, kita, bukan mereka atau siapa-siapa.

Aku minta maaf kalau selama ini aku lebih sering menjadi orang yang paling merepotkan, alih-alih dibutuhkan dan diandalkan. Jangan bilang itu bukan salahku, tapi aku pun tak mau disalahkan atas hal itu. Tapi aku tahu, kita tidak pernah mempermasalahkannya, bukan?

Saat bersama, kita adalah satu paket yang entitasnya beragam namun menyeragam. Saat bersama, kita adalah komponen yang beberbeda namun melebur menjadi sama. Dan karena itulah aku selalu kangen pada kalian. Dan sebab itulah, aku menyayangi kalian.

Bandung, 28 Januari 2013

♥,
D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s