Surat Cinta untuk Pacarmu


Hai,

Aku yakin kita tidak saling mengenal satu sama lain. Belakangan aku tahu soal kamu dari pacarmu. Ya, pacarmu yang baik dan ramah sekali terhadapku (dan entah terhadap siapa lagi), yang belakangan bercerita dan mengeluhkan soal beberapa permasalahan di dalam hubungan kalian berdua.

Pada dasarnya, aku bukan tipe penggoda, dan tidak pernah pandai memulai apa-apa. Aku tak akan memberi reaksi jika tak ada aksi yang mendahuluinya. Aku pun tidak akan menjawab jika tidak ada pertanyaan sebelumnya.

Tapi tenang saja, kami hanya senang berbagi informasi. Bertukar kesan tentang musik, film, dan buku yang kami sukai dan tidak sukai. Bercerita tentang kejadian sehari-hari. Saling melipur saat ada yang bersedih, dan turut berbahagia atas perasaan bahagia satu sama lain.

Melalui surat ini, aku ingin menyampaikan kepadamu bahwa aku cukup tahu diri, dan sangat menghargai posisi di mana aku, dia, dan kamu berdiri. Jika aku di posisimu, aku tentu bakal marah sekaligus sedih mengetahui pacarku lebih suka berbagi cerita-cerita sederhana hingga hal-hal personalnya kepada orang lain ketimbang kepadaku, pacarnya sendiri. Tapi sebelum lantas cemburu buta dan emosi jiwa, aku bakal introspeksi diri kenapa pacarku melakukan semua itu.

Dan melalui surat ini pula, aku ingin menyampaikan kepadamu dan dia, bahwa aku tidak pernah ingin merusak hubungan siapa-siapa, terlebih merusak reputasi diriku sendiri dengan menjadi orang ketiga.

Seperti halnya rumput tetangga, pacar orang mungkin terlihat lebih hijau dan menggoda. Tapi aku selalu percaya, pacar sendiri adalah rumah yang hangat dan tempat kita pulang pada akhirnya.

Bandung, 20 Januari 2013

D

Tinggalkan Balasan

