Kisah Mini di Minimarket


Beberapa saat yang lalu, aku pergi ke minimarket dekat kantor untuk membeli sesuatu. Ada Alfamart dan Indomaret yang letaknya persis saling berhadapan. Tapi aku lebih memilih Alfamart, karena selain malas nyebrang, juga karena kasir di Alfamart ini ramahnya nggak artifisial. Entah apakah itu bentuk profesionalisme saja atau karena sifat aslinya memang ramah.

Tapi yang menarik hari ini bukan soal kasir ramah itu, melainkan tentang seorang bocah laki-laki sekitar 5 tahunan yang sedang menemani ibunya belanja.

Jujur ya, aku cuma kebetulan nguping, bener-bener nggak sengaja. Entah bagaimana awal pembicaraan ibu dan anak ini, aku baru denger di bagian ini…

“Mami, pokoknya Mbak nggak boleh ikut ke Jakarta!” Kata bocah laki-laki berbadan subur itu sambil memilih-milih snack.

“Kenapa?” Ibunya yang cantik itu acuh tak acuh. Jari-jarinya mengetik di keypad blackberry-nya, sementara keranjang belanja menggantung di sudut sikunya.

“Mbaknya nakal! Aku nggak suka sama Mbak!”

“Mbak harus ikut lah. Kalau nggak ada Mbak, siapa yang jagain adek? Kamu mau jagain adek bayi?”

“Ya Mami, dong! Itu kan anaknya Mami! Emangnya Mami ngga bisa jagain adek? Emangnya Mami nggak punya tangan?”

Mendengar itu, ibunya mendelik. “Kamu diajarin siapa ngomong kayak gitu?”

Aku sih berharap anaknya jawab, “Diajarin Mbak.” Jadi, dia bisa punya kesempatan untuk ‘menyingkirkan’ si Mbak yang nggak disukainya itu. Tapi, ya namanya juga anak kecil… dia nggak jawab pertanyaan ibunya. Dia malah balik ke ucapannya di awal yang kudengar tadi, “Pokoknya Mbak nggak boleh ikut!” Tapi seenggaknya, menurutku, anak itu udah menjelaskan banyak hal kepada ibunya lewat kalimat tadi.

Dan karena aku sudah menemukan barang yang kucari, aku pun meninggalkan mereka dan berjalan menuju kasir yang ramahnya nggak dibuat-buat itu.[]

Tinggalkan Balasan

