Mimpi


Semalam aku bermimpi tentang saat-saat itu lagi. Tentang orang-orang itu lagi. Tentang kenangan itu lagi.

Kamu pasti bakal bilang, ada sesuatu yang belum selesai, setiap kali aku menceritakan mimpi-mimpi itu. Membuatku berpikir, apa yang belum kuselesaikan di masa lalu?

Tetapi, mimpi itu bukan sesuatu yang mengerikan, meski nggak luar biasa menyenangkan. Seperti ketika aku menonton film drama dengan alur yang tenang dan nggak banyak aksi yang mencengangkan. Ada aku di dalamnya, bermain peran sebagai diriku sendiri yang apa adanya. Dan tentu saja ada dia, yang tetap menjadi dia yang hanya bisa kuajak bicara sekadarnya sekalipun aku tahu itu hanya mimpi.

Kamu bilang, jika aku tahu itu mimpi, seharusnya aku bisa berbuat lebih banyak lagi; nggak hanya mengajak dia berbicara soal hal-hal yang sangat sederhana, melainkan juga mengungkapkan apa yang harus kuungkapkan, melakukan apa yang harus kulakukan. Dan seharusnya nggak ada hal yang perlu kutakutkan.

Terkadang aku berpikir, bagaimana jika ternyata kehidupanku yang sebenarnya justru terjadi di dalam mimpi, sedangkan sesuatu yang kusebut sebagai kenyataan adalah mimpi itu sendiri?

Bisa jadi, kamu menimpali. Lalu kamu menambahkan, bahwa aku memang lebih sering terlelap di dalam kenyataan, sementara mimpi-mimpi itu nggak pernah absen aku jalani. Dan bahwa sebenarnya saat ini aku sedang bermimpi dan menceritakan apa yang terjadi di dalam kenyataan yang kusebut mimpi itu tadi. Dan bahwa kamu adalah bagian dari mimpi indahku, nggak ada yang bisa mengubahnya, dan akan selalu begitu.

Ya, mungkin kamu benar. Dan jika memang benar demikian, aku merasa diriku nggak lebih dari seorang pecundang yang nggak pernah berani mengungkapkan dan melakukan apa pun yang seharusnya kuungkapkan dan kulakukan, di mana pun mimpi dan kenyataan itu diletakkan.[]

Tinggalkan Balasan

