Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8


Day 14 – a non fictional book



Buku ini saya temukan di pojok Gramedia beberapa hari yang lalu ketika saya sedang berburu buku yang paling fenomenal di awal 2011 ini, 1 Perempuan 14 Laki-laki. Seperti judulnya, buku ini berisi tentang tutorial membuat kartu ucapan digital yang berbasis animasi. Buku ini ditulis oleh Zeembry (moderator Babaflash.com, juga instruktur dan pemilik Baba Studio) dan Suriman Bunadi (instruktur multimedia freelance di suatu lembaga pendidikan terkemuka di Jakarta), diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, dan disertai CD lampiran file yang memudahkan kita dalam pembuatan animasi tersebut.

Ada 13 bab di dalamnya. Dua bab pertama merupakan pengantar, yaitu tentang publikasi animasi, dan persiapan membuat animasi. Mengenai media publikasi, buku ini merekomendasikan Babaflash.com dan Blogger.com. Sedangkan persiapan membuat animasi, meliputi pengetahuan dasar mengenai apa itu animasi, hingga membahas istilah, tools, dan metode yang digunakan dalam pembuatan animasi. 11 bab berikutnya merupakan tutorial pembuatan e-card dengan berbagai tema yang berbeda.

Idealnya, buku ini menjadi pemandu praktis, sekaligus pe-refresh otak saya tentang materi flash yang pernah didapatkan sewaktu kuliah. Namun hingga detik ini, saya belum sempat mencobanya. Hehehe. Bahkan di dalam PC saya sama sekali belum ter-instal aplikasi Flash 8. Yah, beberapa hari ini entah apa saja yang saya lakukan sampai-sampai buku ini hanya numpang mampir di lemari.

Mungkin saya akan menunggu sampai keinginan itu benar-benar datang. Halah. Saya percaya, jika saatnya tiba, saya akan melangkah dengan ringan dan riang menuju tempat penjualan software untuk membeli CD Flash 8, lalu menginstal, lantas mulai mengerjakan latihan-latihan di dalam buku ini. Amiiin… (diucapkan penuh rasa khidmat).

One thought on “Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8

Tinggalkan Balasan

