Bulan Pantangan


Day 6 – Whatever Tickles your Fancy

 

Selama bulan Januari ini, agenda pernikahan di kantor saya sama sekali tidak ada yang terisi, sementara untuk bulan-bulan setelahnya, jadwal kembali padat seperti biasa. Ibu saya bilang, bulan Januari ini bertepatan dengan bulan Sapar dalam perhitungan tahun Hijriah.

Memangnya, ada apa dengan bulan Sapar?

Menurut kepercayaan leluhur, bulan Sapar dianggap sebagai “bulan sial”. Ada juga yang bilang kalau bulan ini adalah bulan hewan. Dari sekian banyak istilah, semuanya merujuk pada satu maksud bahwa bulan Sapar bukanlah bulan baik untuk diisi dengan kegiatan-kegiatan sakral, terutama pernikahan, karena dikhawatirkan akan menimbulkan kesialan.

Saya sendiri tidak sepenuhnya mengamini hal ini. Dan saya yakin, era teknologi 4G ini akan mereduksi jumlah orang yang mempercayai dan menghiraukan hal tersebut. Oke, katakanlah hampir semua generasi “usia-layak-menikah” di Indonesia saat ini sudah termasuk dalam kategori yang tereduksi itu. Namun, bagaimana dengan orang tua mereka? Biasanya, orang tua lah yang lebih sering melakukan perhitungan tanggal dan bulan untuk dijadikan waktu pernikahan putera-puteri mereka. Dan terbukti, agenda pernikahan di kantor saya untuk bulan Januari ini memang sepi.

Di luar persoalan percaya atau tidak, hirau atau cuek terhadap tradisi menghindari menikah di bulan Sapar, menurut saya memang tidak ada salahnya juga memilih menikah di bulan lain. Toh, masih ada sebelas pilihan lainnya. Dan tidak ada yang melarang juga untuk melangsungkan pernikahan di bulan ini. Buktinya, Irwansyah dan Saskia Sungkar baru saja menikah beberapa hari yang lalu.

4 thoughts on “Bulan Pantangan

  1. hihii…topiknya dunk… merit?

    @mba eti , nanggung kalo januari mba, keknya orang mo beromantis ria aja bulan februari gitu, so pinky, so…romantic (katanya) >.<

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s