Dear Ben, You’re So Gay


Day 1 – Your Favorite Song

Memilih satu judul dari sekian lagu favorit saya merupakan hal yang susah. Mungkin, ada satu di antara yang banyak itu, yang bakal keluar sebagai juaranya jika saya punya banyak waktu untuk meng-kritisi, menilai, memberi rating, atau apa pun itu namanya. Yang paling cepat terpikir adalah, lagu yang paling sering, bahkan selalu saya nyanyikan setiap pergi berkaroke dengan teman-teman. Dan lagu itu adalah Jai Ho, milik Pussy Cat Doll.

Sederhana saja, lagu itu enak didengar, dan merangsang seseorang untuk ikut bergoyang sejak intronya terdengar. Nuansa India-nya terdengar asyik, dan liriknya pun tidak rumit, bahkan lucu. Pokoknya, berkaroke tanpa Jai Ho seperti kentut tanpa bau.

Tapi, ternyata ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui apa lagu favorit saya. Berdasarkan playlist Most Playing di iTunes saya, ternyata ada Dear Ben-nya J.Lo di urutan pertama, dan You’re So Gay-nya Katy Perry di urutan kedua. Dan kedua lagu itu memiliki jumlah putar yang sama.

Dear Ben – J.Lo

Lagu ini, secara tak sengaja saya dengar ketika iTunes disetel dalam mode shuffle (koleksi lagu di kantor saya memang bejibun, sampai menghabiskan kapasitas hard disk sebanyak 5 GB lebh). Sejak pertama mendengarnya, kuping saya langsung merasa nyaman. Intronya cukup panjang, sampai menghabiskan setengah durasi keseluruhan lagu itu. Namun, lagunya benar-benar lembut, dan manis.

Liriknya seperti surat cinta J.Lo untuk Ben Afflec. Berisi kekaguman, perasaan jatuh cinta, memuja, dan semua itu dibahasakan dalam kata-kata sederhana, cukup klise dan sedikit gombal, namun manis dan indah.

Pokoknya, lagu ini benar-benar asyik didengarkan di segala suasana. Sayangnya, lagu ini tidak ada dalam list lagu-lagu di tempat kami biasa berkaroke.

You’re So Gay – Katy Perry

Cukup sulit mencari lagu ini di internet, setelah saya mendapat rekomendasi dari seorang teman. Dan ternyata memang benar, jika sesuatu semakin sulit dicari, rasa penasaran dan ketertarikannya semakin menjadi-jadi. Sampai akhirnya, saya mencari video lagu itu di Youtube. Saya unduh videonya menggunakan aplikasi Tube Catcher. Lalu, saya konversi menjadi file Mp3 menggunakan aplikasi Sony Vegas. Perjuangan saya sampai sejauh itu tidak lantas berakhir sia-sia. Artinya, ya, saya menyukai lagu itu.

Lirik lagunya benar-benar lucu dan menggebu-gebu. Seperti letupan emosi yang secara alami keluar dari diri seorang cewek yang merasa kecewa dengan cowok yang disukainya yang ternyata patut diberi pelat “mencurigakan”. Dan lagu ini berhasil menghadirkan sebuah cerita pendek yang menarik di dalam kepala saya ketika mendengarnya. Hal itu semakin dikuatkan video klip unik yang menurut saya cukup sempurna menggambarkan lirik lagunya dan menambah kesan greget. Selain itu, suara Katy Perry memang terdengar unik, dan musiknya langsung bersahabat dengan telinga saya.

Tinggalkan Balasan

