Tentang Kejujuran dan Bukan Kejujuran Tetapi Bukan Kebohongan


Rasanya seperti ingin menangis tapi sadar ternyata air mata saya sudah habis. Bagaimana caranya meluapkan semua perasaan yang sangat manusiawi ini? Saya sudah terlalu sering marah-marah dan hanya punya sedikit amarah, emosi dan tenaga untuk melakukannya.

Saat itu saya sedang ingin menulis tetapi sadar ternyata kemampuan saya sudah habis. Apakah benar, menulis itu perlu kemampuan? Jika benar, tamatlah riwayat si Bukan Cerpenis Hanya Manusia Berpenis ini. (dan apakah saya pernah memiliki kemampuan itu? Atau bahkan sama sekali tidak pernah dan hanya MERASA pernah memilikinya?)

Dan rasanya sangat sulit untuk sekadar jujur pada diri sendiri mengenai semua ini. Bahwa saya memang bukanlah seorang penulis dan saya harus mengakuinya. Bahwa cita-cita saya untuk menjadi seorang penulis besar tak lebih dari isapan jempol dan saya harus menguburnya. Bahwa kegiatan menulis saya sehari-hari tak ada gunanya dan saya harus lekas mengakhirinya.

Kesulitan untuk jujur itu mestinya bisa saya imbangi dengan bukti-bukti yang dapat menyangkal semua itu. Karya-karya yang masterpiece. Dokumen-dokumen yang fantastis. Tetapi… yang ada hanyalah coretan-coretan sederhana, buruk rupa dan—najis.

Rasanya seperti ingin pulang tapi tak tahu harus ke mana; ingin pergi ke tempat yang entah untuk dituju.

Rasanya seperti mengingkari kejujuran dan bersikap tidak jujur tetapi bukan kebohongan.

3 thoughts on “Tentang Kejujuran dan Bukan Kejujuran Tetapi Bukan Kebohongan

  1. semoga itu sebuah ketidak jujuran dan kebohongan. menurutku kemampuan menulis tidak hanya terlihat dari karya yg masterpiece tapi seberapa banyak itu bermanfaat bagi yang baca.
    semoga ini cuma saat dimana kita merasa “fell empty and need something to keep strong”
    chayoooo…….

  2. menurutku, sebuah masterpiece tercipta karena ditulis/diciptakan dari hati dan bukan karena materi atau sesuatu hal mengenai keuntungan semu…
    penulis baik sering merasa karyanya tidak baik…

    keep high spirit!

Tinggalkan Balasan

