Sesuatu yang Menyulitkan itu Bernama “Memulai”


1. Memulai hidup; entah apa yang saya lakukan ketika memulai hidup dua puluh satu tahun yang lalu. Kata ibu saya cukup sulit, waktu bayi saya sering sakit.

2. Memulai tidur; oh, saya paling benci menderita insomnia. Beraktivitas sebelum tidur (yang tujuan awalnya agar bisa mendapatkan lelah dan kantuk) justru malah meningkatkan adrenalin. Berjam-jam berbaring di tempat tidur (tanpa benar-benar tidur) malah membuat saya pegal dan putus asa.

3. Memulai bangun; sungguh mengerikan, saya termasuk orang yang susah tidur sekaligus susah bangun.

4. Memulai sekolah/kuliah/kerja; sulit rasanya menenangkan diri ketika hari-hari pertama sekolah dan kuliah. Apalagi hari pertama bekerja, sulitnya naudzubillah. Semoga saya masih dipercaya untuk diberi pekerjaan (saya akan berusaha untuk menikmatinya, sungguh).

5. Memulai menulis; bahkan untuk sesuatu yang saya cintai ini, saya sungguh sulit memulainya. Perlu ritual khusus. Perlu suasana khusus. Dan sungguh perlu waktu yang lumayan panjang. Dan ceritanya, sekarang ini sedang mencoba menulis novel. Duh, Ibu, Bapak, Saudara-saudara; sungguh, memulainya sulitnya bukan main. Malah ke cerpen lagi-cerpen lagi. Dulu, pertama nulis cerpen pun sulitnya bukan main.

Yah, memang, memulai sesuatu itu sangat sulit. Dan ketika mulai menemukan kenikmatan porses di dalamnya, kita akan menemukan kesulitan lainnya yaitu sulit untuk menghentikan dan mengakhiri. Wah, semoga tidak mempengaruhi judul blog ini, hehe.

One thought on “Sesuatu yang Menyulitkan itu Bernama “Memulai”

Tinggalkan Balasan

