Silence, Noise Me


Saya selalu lepas kendali ketika merasa menemukan seseorang yang sehati. Sisi-sisi yang tak seharusnya saya bagi, tak lagi memiliki keharusan untuk disimpan sendiri. Pada dasarnya, saya memang senang berbagi. Saya pikir, tidak semua orang memiliki kisah-kisah yang saya alami dan mereka akan ternganga begitu mendengarnya. Tetapi saya menyadari kelemahan saya dalam membuka suara. Saya tidak bisu atau gagu, melainkan hanya agak lemah berkomunikasi verbal. Sebut saya bodoh, tulalit, idiot ketika kita berhadapan dan membicarakan suatu hal. Saya akan banyak diam, menghemat suara, menghindari perdebatan. Lebih-lebih untuk sesuatu yang kurang saya paham. Dan itu berarti diantara kita tidak (atau belum) ada kecocokan. Sebab saya hanya menjadi seseorang yang berbeda ketika (merasa) berada di ‘habitat’-nya, bertemu orang-orang yang sepaham-sepikiran.

Maka semuanya mengalir, deras. Bahkan terlalu luwes untuk ukuran seorang laki-laki. Menjadi begitu tak terkendali. Mana bisa menahan diri? Bayangkan ketika seorang pelukis disuguhi kanvas, kuas dan cat minyak bermerk, lengkap dengan objek lukisnya: seorang perempuan setengah (atau bahkan pure) telanjang. Apa yang akan ia lakukan? Ya, begitu juga dengan saya ketika seseorang mulai ‘memancing-mancing’, mengajak berbincang. Apalagi dari awal saya sudah merasakan adanya semacam ‘kedekatan’ dan ‘kecocokan’. Mungkin, sesuatu yang seharusnya menjadi rahasia akan saya katakan juga padanya. Sampai terkadang saya melupakan sang telinga yang jumlahnya lebih banyak dari mulut saya.

Setelah semuanya usai, barulah saya sadar bahwa mungkin ia menyesal mengajak saya berbincang. Lalu, istilah apa yang ia pakai untuk menyebut seorang laki-laki yang tak memberi kesempatan pada lawan bicaranya?***

[Senin, 18 Februari 2008 23:51:51]

Tinggalkan Balasan

