Pulang [sebuah intro perjalanan ke negeri kenangan]


Adalah eufimisme dari pelarian; atas beban-beban, masalah yang kian menumpuk. Tak ada yang benar-benar berarti, sebenarnya. Hanya saja, semua ini terasa menyiksa. Ah, rasanya saya sedang sangat tak menentu.

Menghadiri pernikahan saudara; alasan terbaik untuk pulang. Meski ada atau tanpa saya pun acara itu tetap berjalan, saya merasa senang ingin pulang. Tidak saat lebaran-tidak semua keluarga datang, atau saat libur sekolah/kuliah. Sebab acara pernikahan, saya yakin semua keluarga akan berkumpul. Maka saya ingin ikut pulang.

Kangen pada nenek satu-satunya. Pada beberapa sepupu dan teman yang tangannya pernah mencoretkan kisah di diary saya, yang diarynya pernah saya penuhi dengan kisah-kisah hidup saya. Dan pada seorang perempuan yang sampai sekarang sulit untuk saya lupakan.

Sudah hampir dua-tiga tahunan saya tidak pulang. Buat apa? Di sana terlalu banyak kenangan yang membuat saya selalu ingin menangis setiap mengingatnya. Tidak berarti semua kenangan itu pahit. Justru semakin manis, kenangan itu semakin kuat mencabik-cabik seisi hati.

Tapi sekarang, di sini terlalu banyak beban.

Kebetulan ada acara pernikahan. Sedikit refreshing, merasa senang menemukan tempat pelarian.

“Ma, saya ikut (pulang),” mama terkejut senang mendengarnya.

“Teman, maafkan saya. Sepertinya saya akan meninggalkan kota dalam dua-tiga hari ini. Saya janji, semua urusan kita dan tugas-tugas (beban) saya akan saya selesaikan sekembalinya saya nanti,” entahlah, saya tidak tahu reaksi mereka. Marah, benci atau biasa-biasa sajakah? Saya tidak perduli.

Yang jelas, saya senang, akhirnya saya (ingin) pulang.***

[Minggu, 16 Desember 2007]

Tinggalkan Balasan

