e-love : Virus Cinta yang Tak Terduga


 

i_love_my_computer_by_yumekigaarainu462.png

Jujur, saya baru berkenalan dengan internet sekitar awal-awal kuliah, semester satu atau dua-an. Jaman SMA, beberapa teman sempat memperkenalkan saya dengannya, berikut mengiming-imingi ‘kenikmatan’ apa saja yang dihadirkan dan ditawarkan sang internet. Tapi waktu itu saya belum tertarik, semuanya bahkan terlihat blur, abu-abu, bahkan gelap bagi saya yang notabene seorang gagap-teknologi yang hebat (*halah, predikat yang ANEH!).

Pertama mulai suka, seorang teman mengajari saya (lebih tepatnya, saya yang memaksa dia mengajari saya) membuat e-mail kemudian friendster. Dan sejak itu, setiap ke warnet, saya hanya berkutat di friendster; meng-up load foto, mengedit dan mempercantik lay out friendster, berkirim pesan dan testimonial dan sebagainya. Yah, intensitas saya di warnet pun tidak terlalu sering. Paling, hanya sebulan sekali. Dan kalau ada tugas kuliah saja, saya baru searching di Google atau Yahoo! Lagipula, saya pikir tidak akan ada orang nyasar mengirimi saya e-mail.

Sampai suatu hari, seorang dosen memberikan situs penerbit kepada saya, memberikan petunjuk bagi saya dimana saya harus menyalurkan karya-karya tulisan saya yang sudah terkumpul cukup banyak. Tersebutlah ESCAEVA.COM. Di sana, saya lumayan mendapatkan input tentang kepenulisan, sebab saya juga bergabung di milisnya sebagai user pasif. Dan pada suatu ketika, di salah satu e-mail yang masuk dari milis tersebut, ada spam untuk linking ke sebuah situs komunitas penulis bernama KEMUDIAN.COM. Dengan hati yang gamang, saya masuk dan begitu saja bergabung di sana.

Subhanallah… warna-warni sekali Kemudian.com itu. Bukan warna-warni teks atau gambarnya. Tapi karakter para membernya, juga karya-karya yang ditampilkan di sana. Dan sejak itulah saya mulai JATUH CINTA kepada internet, sebab Kemudian.com.

Saya jadi punya tempat berbagi, dan terutama mendalami dunia tulis-menulis. Di Kemudian.com lah saya berproses sebagai seseorang yang sangat awam dan tidak tahu apa-apa menjadi seseorang yang masih awam dan masih lumayan tidak tahu apa-apa. Tapi setidaknya, saya merasa sedikit beranjak naik level di banding sebelumnya. Dan dari situ pula berbagai pengetahuan saya peroleh, tidak hanya melulu dari segi tulis-menulis saja. Pengetahuan umum dan sebagainya ada di sana. Bahkan, persahabatan dan persaudaraan bisa saya rasakan di sana. Lewat komentar-komentar di account cerita atau puisi, obrolan di forum, perbincangan interaktif di YM, semua perasaan itu terjalin dengan indah dan bersahaja.

Yah, sekarang saya benar-benar telah jatuh cinta pada internet. Maka, dalam seminggu, saya hampir selang sehari mengunjungi warnet; untuk sekedar menyapa KEMUDIANERS (member Kemudian.com), atau searching gambar-gambar untuk ilustrasi cerita saya, referensi bahan tulisan dan tugas kuliah, mengecek e-mail, update friendster dan blog, download lagu baru yang belum atau pun sudah beredar, dan… sebagai sedikit hiburan nakal, ya… bolehlah sekali-dua kali membuka situs-situs ‘terlarang’. Haha 😀

Efek positifnya memang, saya jadi lumayan banyak tahu. Update seputar apa yang terjadi belakangan ini. Nambah teman dan kenalan. Dan sedikit tidak terlalu gaptek. Tapi efek negatifnya… dompet bobol, duit abis, kantong kering… L sebab saya tidak bisa sebentar jika sudah duduk di depan komputer sana. Hhh…

Tapi memang, sehari-dua hari saja tidak menyapa Kemudianers, rasanya semacam ada kangen yang mengganggu, mengusik ketenangan. Dan selalu ada rasa semacam ‘kehilangan’ jika berlama-lama menahan diri untuk pergi ke warnet. Yah, dorongannya-atau mungkin daya tariknya terlalu kuat untuk saya tolak. Mungkin karena saya sudah terinfeksi virus warnet-virus cinta.***

Iklan

2 thoughts on “e-love : Virus Cinta yang Tak Terduga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s