Quiz: Siapa yang Paling Berdosa???


saya ingin berbagi quiz yang sangat menarik, yang saya dapatkan dari quiz saat jam kuliah Etika Profesi kemarin:

Urutkan ke-6 tokoh dalam cerita di bawah ini, berdasarkan tingkat dosanya (yang namanya disebut paling atas, berarti dosanya dianggap lebih besar dari nama di bawahnya), kemudian beri alasan kenapa urutannya demikian!

*Urutan tokoh yang berdosa bisa jadi tidak sama dengan urutan tokoh dalam runtutan cerita

Berikut adalah ringkasan ceritanya (yang masih saya ingat—teksnya tidak sempat saya minta);

Melchiora dan Maheswara adalah sepasang kekasih yang akan menikah. Pada suatu hari, mereka berencana menemui orang tua Melchiora di seberang pulau.

Menurut seorang ahli BMG setempat yang bernama Zahrandika, cuaca dan keadaan laut hari itu baik dan aman untuk berlayar.

Namun, rencana kepergian sepasang kekasih itu sedikit tertunda gara-gara keterlambatan Parama (sahabat Maheswara yang diminta menemani—menjadi saksi dari pihak Maheswara). Karena ‘kebiasaan buruk’-nya itu, perjalanan yang mestinya dilakukan pada pukul 09.00 baru dilakukan pukul 12.00. Sementara perjalanan memakan waktu 4 jam. Akibatnya, mereka hanya mendapatkan perahu kecil yang tersisa.

Dalam perjalanan, Maheswara memilih duduk di depan demi menikmati pemandangan. Bahkan dia menolak duduk di belakang menemani Melciora—yang akhirnya ditemani Parama.

Ternyata cuaca meleset dari yang diperkirakan Zaharandika. Ada badai di tengah perjalanan. Perahu pun terbelah dua, memisahkan Maheswara dengan Melciora-Parama.

Tersebutlah bahwa Melciora-Parama terdampar di sebuah pulau kecil yang sepi. Di sana mereka bertemu dengan seorang nelayan bernama Arkananta. Melchiora pun meminta bantuannya untuk mengantarnya berlayar mencari Maheswara. Arkananta bersedia mengantar asalkan Melchiora memperbolehkannya ‘mencium kening dan tangannya’.

Melchiora yang setia pada Maheswara merasa bimbang. Untunglah ada seorang pak haji, Haji Danadyaksa. Kepadanya, Melchiora menceritakan kebimbangannya, sekaligus meminta solusi dari permasalahannya. Namun pak haji hanya memberi sedikit petuah, selebihnya beliau menyerahkan kembali semua keputusan kepada pihak Melchiora sendiri, juga kepada pihak Arkananta.

Akhirnya, Melciora terpaksa memenuhi permintaan Arkananta.

Singkat cerita, bertemulah Melchiora dengan Maheswara berkat bantuan Arkananta. Namun Maheswara menjadi murka ketika Melchiora berterus terang tetang apa yang tejadi sebenarnya. Tanpa memperhitungkan alasan yang diberikan Melchiora, Maheswara pun memutuskan hubungan mereka, karena menganggap Melchiora tidak bisa menjaga hijab-nya dengan lelaki lain. Dan hubungan mereka pun kandas begitu saja.***

8 thoughts on “Quiz: Siapa yang Paling Berdosa???

  1. walah..
    sampe diposting di blog segala..

    udah dibilangin yang paling berdosa itu adalah yang buat cerita ini, karena dia membuat banyak orang pusing dengan sekian banyak tokoh bernama aneh yang tidak mudah disebut apalagi dihapal..

    tapi dadun, sebenarnya kamu bahkan lebih berdosa daripada yang buat cerita ini, karena kamu menambah panjang rantai kepusingan yang dibuat oleh cerita ini dengan mempostingnya DUA kali..

    wahahahahahahah…

  2. halo mas.. salam kenal..
    thanks sharing quiznya. aku gak pernah kuliah etika profesi, jadi tipis harapan bisa tau quiz ini kalo bukan dari blog ini..

    ikutan jawab ya..
    1. Maheswara – egois dan picik
    2. Arkananta – licik memanfaatkan situasi untuk bertransaksi tak etis
    3. Parama – tidak disiplin juga dosa
    4. Zahrandika – perlu belajar lagi meningkatkan kompetensi dan profesionalisme
    5. Melchiora – mencintai orang unik perlu upaya ekstra
    6. Haji Danadyaksa – begitulah agamawan seharusnya, memberi saran dan wawasan, tapi tetap saja bukan Tuhan

    gimana? thx

  3. wah…. diriku ‘terjebak’ dan ‘tertipu’ metahmentah sama sang dosen^^ ternyata eh ternyata….

    semua tokoh di cerita itu semuamuanya BERDOSA!!! dan, ternyata itu tuh cuma buat ‘mancing’ dan ngeliat gaya kita berdiskusi, terutama masalah KONSESI.

    yup, jadi diliat sejauh mana kita bisa ngasi konsesi pada sesama peserta diskusi agar didapat sebuah KESEPAKATAN dan PEMUFAKATAN.

    *konsesi = memberikan hak kita kebada orang lain dengan tujuan mendapatkan hak ‘yang sebenarnya’, minimal terjadi win-win solution

    terimakasih kepada yang sudah menjawab^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s