Ujian macam apa?


Apa yang terlintas di benak setiap orang saat mendengar kata UJIAN? Entahlah. Tapi saya jawab: biasa-biasa saja.

Saya tidak merasa sok pintar. Tidak juga terlalu percaya diri; nilai A, minimal B sudah di tangan.

Saya hanya terinspirasi seseorang yang selalu tenang dalam menghadapi segala hal.

Bukan metode pembelajaran yang cukup bijak juga; mempelajari, menghapal-apa pun istilahnya-sehari, bahkan beberapa jam sebelum ujian, sementara sebelumnya sudah banyak waktu yang terbuang percuma.

Dan adalah salah besar bertindak curang saat ujian, semisal membuat contekan, menyembunyikan catatan, atau bahkan mencontek dari teman dan berbagai kegiatan lainnya yang bertema menghalalkan segala cara demi mendapatkan jawaban-serius nih, Dun???

Maka, satu-satunya cara terbaik adalah bersikap wajar dan berpikiran tenang. Anggap hari ini atau besok tidak ada ujian, melainkan hanya kuliah biasa, paling tidak menganggap hanya akan diadakan kuis yang bobotnya tidak seberapa.

Bahkan semalam sebelumnya, saya tidak belajar sama sekali; menonton sinetron, film, mendengarkan lagu sambil menyanyi lantang dengan suara super-sumbang, dan yang tidak pernah absen saya lakukan adalah menulis hingga larut malam. Argh, dasar GILA!

Mungkin memang, otak saya sudah tidak waras. Terkjangkit virus. Tapi bagi saya lebih baik tidak bisa mengerjakan soal ujian karena sebelumnya tidak belajar, daripada sudah capek-capek, pusing-pusing jungkir-balik belajar, tapi tetap saja tidak bisa menjawab soal ujian-bilang aja lo males, Dun!

Dan ternyata… pada kenyataannya, ujian kali ini memang tidak terlalu dibuat memakan banyak pikiran. Hampir semua dosen mata kuliah yang bersangkutan membolehkan OPEN BOOK. Argh, GILA! Pucuk di cinta ulam tiba. Seperti gayung bersambut. Ada gula ada semut; aih gila, gua imut! Bagai air di daun talas. Seperti mendapat es durian. Halah…* * *

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s